Laman

Selasa, 27 Desember 2011

TIPS MENJAGA KESEHATAN PENCERNAAN

TIPS MENJAGA KESEHATAN PENCERNAAN
  1. Makanlah dalam porsi yang sesuai, jangan berlebihan. Hal ini untuk membantu pencernaan anda agar mampu mencerna seluruh makanan dengan baik, Kunyah makanan dengan cara tidak terlalu cepat agar pencernaan mempunyai cukup waktu untuk mengolah.
  2. Perbanyaklah konsumsi serat setiap hari, serat baik untuk kesehatan pencernaan dan tubuh. Di anjurkan untuk mengkonsumsi serat 10 -15 gram sehari. Hal ini untuk mengimbangi makanan cepat saji, daging merah dan makanan kaya lemak yang bisa menyebabkan gangguan pada pencernaan.
  3. Perbanyaklah minum air putih untuk membantu proses pengolahan makanan di dalam saluran pencernaan . Air putih juga membantu memecah mineral, vitamin,dan nutrisi sehingga mempermudah proses penyerapan dan mencegah masalah konstipasi.
  4. Hindari stres dan berolahragalah secara teratur. Aktivitas fisik seperti olahraga bisa mengurangi banyak gangguan pencernaan. Beberapa peneliti di jurnal clinical Gastroenterology menemukan hubungan antara obesitas, kurang olahraga, rasa sakit di perut, diare, dan gejala – gejala gangguan usus. Stres juga berpengaruh pada sisitem pencernaan tubuh. Saat stres tubuh akan merespons dengan mengurangi aliran darah ke perut dan menurunkan produksi enzim – enzim pencernaan serta memperlambat proses pencernaan. Akibatnya perut menjadi kembung dan memicu konstipasi
  5. Memakan suplemen enzim juga bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan dan menguatkan penyerapan nutrisi. Jika kekurangan enzim pencernaan akibat diet dan kesehatan yang kurang baik, suplemen ini bisa membantu mengurangi gejala gangguan pencernaan. Sebelum anda mengkonsumsi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter

Sumber : Harian KOMPAS [VTO]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

selamat datang di blog spirit of edwin