Laman

Jumat, 15 November 2013

DIFFERENTIAL


A. Differential terdiri dari 2 bagian utama :

1. Final gear : terdiri dari drive pinion dan ring gear, fungsinya untuk memperbesar moment dan merubah arah putaran sebesar 90o
2. Differential gear : terdiri dari side pinion gear, fungsinya untuk membedakan putaran antara roda kiri dan kanan

B. Saat ini final gear terdiri dari 2 tipe :

1.


HYPOIDE BEVEL GEAR 
Digunakan pada kendaraan penggerak roda belakang, dimana drive pinion terpasang offset dengan garis tengah ring gear. keuntungannya, bunyi lebih halus






2. 




HELICAL GEAR
Digunakan pada kendaraan penggerak roda depan.
Keuntungannya, bunyi dan getaran lebih kecil dan moment dapat dipindahkan dengan lembut





C. TYPE PERBANDINGAN GIGI AKHIR


1.Bevel gear
2.Spiral bevel gear
3.Hypoid bevel gear

Perbandingan gigiakhir :


D. PRINSIP DASAR DIFFERENTIAL GEAR 

Saat kendaraan membelok, jarak tempuh roda bagian dalam ( A ) lebih kecil dari 
jarak tempuhroda bagian luar ( B ). Dengan demikian roda bagian luar harus berputar lebih
cepat dari roda bagian dalam.bila roda berputar dengan putaran yang sama, maka salah satu 
roda akan slip dan akan menyebabkan ban cepat aus.Untuk itulah diperlukan differential


E. PRINSIP DASAR KERJA DIFFERENTIAL 

1. SAAT JALAN LURUS
Bila kedua rack diberi beban yang sama, maka ketika shackle ditarik ke atas 
akan menyebabkan kedua rack terangkat pada jarak yang sama, karena tahanan rack kiri
dan kanan sama. Sehingga pinion tidak berputar.

2. SAAT JALAN BELOK
Tetapi bila beban yang lebih besar diletakkan pada rack sebelah kiri dan shackle ditarik ke
atas, maka pinion gear akan berputar sepanjang gerigi rack yang mendapat beban lebih berat
disebabkan adanya perbedaan tahanan. Kejadian ini menyebabkan rack yang mendapat 
beban lebih kecil akan terangkat

F. Cara kerja Differential

1.Pada saat jalan lurus
 Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case 
menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear memutarkan side gear kiri dan kanan 
dengan rpm yang sama ( karena tahanan  roda kiri dan kanan sama ), sehingga putaran roda kiri dan
 kanan sama.

2. Pada saat jalan belok
Drive pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case, differential case
 menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear mengitari side gear yang bebannya
 berat sehingga menyebabkan putaran roda kiri dan kanan menjadi tidak sama.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

selamat datang di blog spirit of edwin