A. Differential terdiri dari 2 bagian utama :
1. Final
gear : terdiri dari drive
pinion dan ring gear, fungsinya untuk memperbesar moment dan merubah arah
putaran sebesar 90o
2. Differential
gear : terdiri dari side
pinion gear, fungsinya untuk membedakan putaran antara roda kiri dan kanan
B. Saat ini final gear terdiri dari 2 tipe :
1.
HYPOIDE BEVEL GEAR
Digunakan
pada kendaraan penggerak roda belakang, dimana drive pinion terpasang offset
dengan garis tengah ring gear. keuntungannya, bunyi lebih halus
2.
HELICAL GEAR
Digunakan
pada kendaraan penggerak roda depan.
Keuntungannya,
bunyi dan getaran lebih kecil dan moment dapat dipindahkan dengan lembut
C. TYPE PERBANDINGAN GIGI AKHIR
1.Bevel gear
2.Spiral bevel gear
3.Hypoid bevel gear
Perbandingan gigiakhir :
D. PRINSIP DASAR DIFFERENTIAL GEAR
Saat kendaraan membelok, jarak tempuh roda bagian dalam ( A ) lebih kecil dari
jarak tempuhroda bagian luar ( B ). Dengan demikian roda bagian luar harus berputar lebih
cepat dari roda bagian dalam.bila roda berputar dengan putaran yang sama, maka salah satu
roda akan slip dan akan menyebabkan ban cepat aus.Untuk itulah diperlukan differential
E. PRINSIP DASAR KERJA DIFFERENTIAL
1. SAAT JALAN LURUS
Bila kedua rack diberi beban yang sama, maka ketika shackle ditarik ke atas
akan menyebabkan kedua rack terangkat pada jarak yang sama, karena tahanan rack kiri
dan kanan sama. Sehingga pinion tidak berputar.
2. SAAT JALAN BELOK
Tetapi bila beban yang lebih besar diletakkan pada rack sebelah kiri dan shackle ditarik ke
atas, maka pinion gear akan berputar sepanjang gerigi rack yang mendapat beban lebih berat
disebabkan adanya perbedaan tahanan. Kejadian ini menyebabkan rack yang mendapat
beban lebih kecil akan terangkat
F. Cara
kerja Differential
1.Pada saat jalan lurus
Drive
pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case,
differential case
menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear
memutarkan side gear kiri dan kanan
dengan rpm yang sama ( karena tahanan roda kiri dan kanan sama ), sehingga putaran
roda kiri dan
kanan sama.
2. Pada saat jalan belok
Drive
pinion memutarkan ring gear, ring gear memutarkan differential case,
differential case
menggerakkan pinion gear melalui pinion shaft dan pinion gear
mengitari side gear yang bebannya
berat sehingga menyebabkan putaran roda kiri
dan kanan menjadi tidak sama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar