Laman

Selasa, 01 Mei 2012

BAGIAN - BAGIAN TUNE UP PADA MOBIL TOYOTA


Bagian –Bagian Tune Up

*SISTEM PENDINGIN

Yang harus di periksa :
1. Periksa tinggi air pendingin
Note : Sampai garis atas (full)

2. Periksa Kualitas air pendingin
Note : Apakah kondisi air keruh,kotor ataupu tercampur oli

3. Periksa Tekanan pembuka katup tutup Radiator
Note :  STD  (0.75-1.05 kg/cm2 )
             Limit ( 0.6 kg/ cm2 )
4. Kapasitas air pendingin ( dengan pemanas )
Untuk mesin  : 2K, & 3K-H          : 5.6 ltr
                             4K                   : 6.7 ltr
                             5K                   : 6.5 ltr
*TALI KIPAS 

Defleksi tali kipas pada 10 kg (22lb)
1. Antara pompa air ke alternator  untuk tali kipas baru  5-7 mm, untuk tali kipas yang sudah di pakai 7 – 11 mm.
2. Antara poros engkol ke kompresor A/C untuk tali kipas baru 9 – 12 mm , sedangkan untuk tali kipas yangsudah lama atau bekas 12 – 16 mm.

*SARINGAN UDARA

Cukup dengan membersihkan elemennya, dan periksa kondisi saringan udara visual.

*BATERAI

1. Berat jenis  baterai 1,25 – 1,27 pada 200 c
2. Perhatikan tinggi elektrolit batertai harus berada di garis UPPER di casing baterainya.
3. Periksa Tutup Bateri dari tersumbatnya lubang ventilasi yang bwerada di tutup baterai
4. Periksa secara visual Kondisi casing baterai, apakah bocor, retak ataupun terjadi perubahan bentuk

*OLI MESIN
Periksa Tinggi Oli : Oli mesin harus berada sampai garis FULL

*BUSI
1. Bersihkan Busi dengan ampelas atau sikat kawat khusus untu busi
2. Celah Busi untuk mesin 5K 0.7 – 1.0 mm Selain mesin 5K 0.8mm

*KABEL TEGANGAN TINGGI
Tahanan kabel tegangan tinggi kurang dari 25 k/meter

*DISTRIBUTOR
1. Periksa tutup Distributor secara visual dari keretakan
2. Celah Rubbing blok, selain Mesin 5K 0.45 mm sedangkan untuk mesi n 5K 0.4-0.5 mm
3. Celah udara 0.20 – 0.40mm
4. Sudut Dwell 52 0  ± 60
5. Variasi sudut dwel dalam 30 ( dari idling hingga 2.000 rpm)
6. Saat Pengapian Selain Mesin 5K 80 sebelum TMA/idling sedangkan untuk mesin 5K 50 sebelum TMA/idling @max 900 rpm

Pada saat mesin panas yang harus di periksa
 *KATUP
1. Celah Katup untuk katup hisap 0.20mm dan katup buang 0.30mm
2. Putaran IDLE untuk  mesin 2K,3K-H,4K M/T 750 RPM , untuk mesin 4K (KF) 600 rpm, untuk mesin 5K (KF) 750 rpm.

*KONSENTRASI CO IDLE
Untuk mesin 3K-H & 4K ( 0,5 – 1,5% system HIC mati)
4K (KF) ( 1,5 – 2,5% HIC mati )
5K (KF) ( 1,0- 2.0 % siten HIC mati)

*TEKANAN KOMPRESSI
STD selain 5K pada 250 rpm 11 kg/cm2 limitnya 9.0 kg/cm2
STD 5K 12.6 kg/cm2limitnya 9.5 kg/cm2
Perbedaan tekanan antara silinder kurang dari 1.0 kg/cm2





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

selamat datang di blog spirit of edwin